Selasa, 27 Mei 2014

Topologi


Halo teman-teman semua, kali ini saya mau membagi informasi tentang Topologi Jaringan beserta kekurangan dan kelebihannya nih. Langsung aja, silakan dibaca :D

Dasar-dasar Jaringan
Seringkali kita mendengar kata internet, sekilas mugkin kita akan berpikir bahwa yang namanya internet merupakan jaringan yang sangat besar dan terdiri dari banyak komputer. Atau bahkan orang yang awam, internet sering diartikan sebagai browsing,chatting,dll.
Pengertian ini merupakan pandangan yang kurang benar, karena sebenarnya internet adalah kumpulan dari jaringan kecil dan besar yang saling terhubung secara real-time atau terus-menerus di seluruh dunia.
Dalam suatu sistem jaringan, dimana seluruh komputer saling berbagi data dan resources satu sama lain sehingga tercapai efisien dalam pemanfaatan teknologi, amat dibutuhkan perangkat-perangkat khusus dan instalasi tertentu.

 Topologi Jaringan
Tujuan dari suatu jarigan adalah menghubungkan jaringan-jaringan yang telah ada dalam jaringan tersebut,sehingga informasi dapat ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain. Karena suatu perusahaan memiliki keinginan atau kebutuhan yang berbeda-beda maka terdapat berbagai cara jaringan terminal-terminal dapat dihubungkan. Struktur geometric ini disebut dengan LAN Topologies.
Terdapat beberapa jenis topologi, yaitu :


- Topologi BUS


·         Karakteristik à masing-masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal dan pada akhir kabel harus diakhiri dengan satu terminator.
·         Kekurangan
-         Kemungkinan terjadinya tabrakan aliran data
-         Jika salah atu perangkat putus/terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan diatasi.
-         Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil.
-         Kepadatan lalu lintas
-         Diperlukan repeater untuk jarak jauh.
·         Kelebihan
-         Hemat kabel
-         Layout sederhana 
-         Mudah dikembangkan

-Topologi Star


·              Kelebihan
-         Paling fleksibel
-         Pemasangan atau perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
-         Kontrol terpusat
-         Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan
-         Kemudahan pengelolaan jaringan
·                   Kekurangan
-         Kontrol terpusat(HUB) jadi elemen kritis, jika hub mengalami kegagalan , maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi
-         Boros kabel
-         Perlu penanganan khusus
-         Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat.

-Topologi Ring



Topologi ini adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung ke dalam satu jaringan saling terkoneksi ke komputer lainnya sehingga membentuk satu jarigan yang sama dengan bentuk cincin.
·         Kelebihan
-         Hemat kabel

·         Kekurangan
-         Apabila ada satu komponen dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi seluru jaringan
-         Peka kesalahan
-         Pengembangan jaringan lebih kaku

-Topologi Mesh



Topologi jaringan ini hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh à jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n=jumlah sentral). Tingkat kerumitan sebanding dengan meningkatnya jumlah setral yang terpasang. Selain kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.
·         Kelebihan :
-         Keuntungan utama = fault tolerance
-         Terjamin kapasitas channel komunikasi, karena hubungan yang berlebih
-         Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot
·         Kekurangan :
-         Sulitnya pada saat akan melakukan installasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya
-         Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.

0 100 komentar:

Posting Komentar