Sabtu, 31 Mei 2014

Pengenalan Bahasa Pemograman C++

Pengenalan Bahasa Pemograman C++

Bismillah….
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sebuah Tutorial mengenai pemrograman bahasa C++, mudah-mudahna dengan keterbatasan ilmu yang saya punya, teman-teman bisa mengambil manfaatnya.


Pengenalan bahasa pemograman c++


A. Sejarah C++
Tahun 1978, Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories mengembangkan bahasa B menjadi bahasa C. Bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson sebenarnya merupakan pengembangan dari bahasa BCPL ( Basic Combined Programming Language ) yang diciptakan oleh Martin Richard.
Sejak tahun 1980, bahasa C banyak digunakan pemrogram di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.
Tahun 1989, dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards Institute (ANSI). Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie kemudian dikenal dengan nama ANSI C
Mulai awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama, dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.
Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional.
B. Dasar-Dasar pemrograman C++
Integrated Development Environtment  (IDE) pada Microsoft Visual C++ 2008 telah dilengkapi dengafasilitas untuk membuat kode sumber (source code),  kompilasi (compiler)  untuk  file  project,  penghubung  (linker)  antar  kode  sumber  dan sekaligus menguji program C++  yang di buat. Dalam IDE Visual C++ 2008 terdapat beberapa komponen pendukung utama yaitu editor, compiler, linker, dan pustaka (library). Editor  menyediakan sebuah media atau lingkungan interaktif untuk membuat dan mengedit  kode  sumber  C++.  Pada  editor  juga  dilengkapi  dengan  fasilitas  warna untuk membedakan berbagai baris perintah (syntax highlighting) yang bertujuan untuk  membantu  programmer  dalam  membuat  dan  menganalisa  kode  sumber C++ yang sedang dibuat. Compiler  berfungsi  untuk  mengubah  kode  sumber  menjadi  kode  objek  maupun menjadi file eksekusi dengan ekstensi .exe. Compiler juga  dapat mendeteksi serta melaporkan  bila  terjadi  kesalahan  (error)  pada  saat  proses  kompilasi  dilakukan. Compiler  dapat  mendeteksi  berbagai  kesalahan  yang  terjadi  pada  baris  kode program  C++  dengan  baik  sesuai  dengan  struktur  pemrograman  C++  yang  telah ditentukan. Linker  berguna  untuk  menghubungkan  berbagai  modul  yang  dihasilkan  oleh compiler  dan  menambah  modul  dari  library  yang  disertakan  dalam  Visual  C++. Linker  dapat  juga  melaporkan  kesalahan  yang  terjadi  selama  proses penggabungan file dilakukan, misalnya jika terjadi  kehilangan file atau komponen library yang dibutuhkan. Library  merupakan  sekumpulan  rutin  yang  dibuat  untuk  mendukung  dan menambah  kehandalan  bahasa  C++  sesuai  dengan  prosedur  yang  telah ditentukan.  Standard  library  C++  pada  program Microsoft  Visual  C++  2008  telah disesuaikan dengan compiler yang memenuhi standard ISO dan ANSI C++.
C. Contoh Program
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membuat sebuah program sederhana yang menerima inputan dari keyboard kemudian menampilkannya pada console.
berikut ini kode programnya :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
 char nama[50];
 char nim[50];
 char alamat[50];
 char hp[50];
 char email[50];
 char website[50];
 char jurusan[50];
cout <<"======================================================= "<<endl;
 cout <<"BIODATA PRIBADI" <<endl;
 cout <<"---------------" <<endl;
 cout <<"Nama : ";
 cin.getline(nama,50);
 cout <<"NIM : ";
 cin.getline(nim,50);
 cout <<"Alamat : ";
 cin.getline(alamat, 50);
 cout <<"HP : ";
 cin.getline(hp, 50);
 cout <<"Email : ";
 cin.getline(email, 50);
 cout <<"Website : ";
 cin.getline(website, 50);
 cout <<"Jurusan : ";
 cin.getline(jurusan, 50);
 cout <<"======================================================" <<endl;
 cout <<"Ini adalah TES" <<endl;
system("pause");
 return 0;
}

0 100 komentar:

Posting Komentar