Selasa, 27 Mei 2014

Menghubungkan peripheral komputer dengan media yang sesuai


Bab 2.  Menghubungkan peripheral komputer dengan media yang sesuai

A.     FUNGSI PERIPHERAL KOMPUTER
Peripheral merupakan perangkat tambahan ketika komputer beroperasi. Fungsi utama dari Peripheral adalah membantu tugas komputer yang tidak bisa dilakukan oleh hardware yang terdapat pada mainboard.Artinya jika perangkat tersebut(peripheral) tidak digunakan maka komputer sudah dapat berjalan dan dapat digunakan, hanya saja kemampuan komputer akan terasa kurang sempurna. Sebagai contoh Printer(peripheral), tanpa printer komputer masih bisa digunakan untuk berbagai aktifitas seperti mengetik, menggambar, edit foto, dll. Tetapi tanpa adanya suatu printer komputer tersebut tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen. 

B.     MEDIA PENGHUBUNG
Untuk menghubungkan perangkat input dan perangkat output ke computer dengan menghubungkan dengan kabel ke port yang ada di komputer. Port tersebut antara lain port USB, port PS/2, Port Serial, port Paralel.
Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.

2.1.              Kabel data
Adalah piranti penghubung antara satu peripheral ke peripheral yang lain agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Contohnya kabet SATA harddisk yang berfungsi menghubungkan antara harddisk dengan motherboard.

2.2.             Peripheral (input dan output device)
Merupakan piranti yang terdapat dalam suatu rangkaian komputer, yang terbagi atas perangkat masukan(input) dan keluaran(output). Contoh input device adalah mouse, keyboard, joystick, scanner, dll. Sedangkan contoh dari output ialah printer, speaker, monitor, dll.

2.3.             Media Penghubung
Merupakan media yang berfungsi sebagai piranti dukungan untuk menghubungkan piranti lain ke dalam komputer agar kinerjanya bisa lebih luas. Misalnya, agar komputer bisa terkoneksi dengan internet, ia membutuhkan modem sebagai media penghubungnya. Contoh dari media peghubung lainnya ialah wireless, switch, router, bluetooth, cardreader, dll.

0 100 komentar:

Posting Komentar