Kamis, 29 Mei 2014

Komponen merakit dan fungsinya


 

Hallo guys, saya mau bagi informasi nih tentang Komponen Merakit PC dan Fungsinya. Langsung aja nih, Silakan dibaca  :D



Komponen-komponen Merakit PC, Fungsi, Jenis dan Spesifikasi nya


-  Casing

a. Fungsi Casing komputer adalah sebagai rumah atau wadah bagi perangkat-perangkat keras komputer seperti motherboard,processor, video card, power supply, harddisk, optical drive, dan kipas pendingin.Selain itu juga berguna untuk melindungi perangkat komputer dari debu dan kotoran yang mungkin bisa merusak hardware komputer tersebut.
b. Jenis-jenis Casing
1. Casing Full Tower
Casing komputer jenis full-tower ini adalah casing komputer terbesar diantara jenis casing lainnya, casing jenis ini bisa menampung semua ukuran motherboard seperti Micro-ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX, biasanya casing jenis ini digunakan oleh para gamer atau mereka-mereka yang sangat antusias dengan hardware komputer.
2. Casing Mid Tower
Casing jenis mid-tower ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan casing full-tower tapi masih bisa menampung motherboard dengan spesifikasi ukuran Micro-ATX dan ATX, saya rasa casing jenis ini lah yang paling umum dijual di toko-toko komputer dan yang paling banyak orang gunakan saat ini.
3. Casing mini Tower (mini-ATX)
Casing mini-tower ini ukurannya lebih kecil dibandingkan casing mid-tower, casing jenis ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Micro-ATX. Casing komputer yang saya gunakan yang saya pajang fotonya di atas adalah contoh dari casing komputer jenis mini-tower.

4. Casing mini ITX
Seperti namanya, casing mini-ITX ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Mini-ITX, ukurannya jauh lebih kecil kalau dibandingkan casing mini-tower, dan biasanya casing jenis ini menggunakan power supply dengan ukuran khusus yang lebih kecil dari power supply yang biasa kita lihat di dalam casing-casing komputer kebanyakan.

-  Power Supply
Fungsiuntuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.

-  Motherboard / Mainboard
Fungsi
- Tempat perangkat lain, seperti RAM, processor,VGA cad, LAN card,dll
- Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang padakomputer
-  Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsimengatur data komponen komputer lain
- Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard
- Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer.
-  Mengatur daya listrik pada setiap komponen pada motherboard


 - RAM
FungsiRAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.

- Processor

Fungsiuntuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output).Pada waktu prosesor memperoses data ,prosesor juga akan terhubung dengan komponen computer yang lain , terutama Hardisk dan RAM.

- Harddisk
   
Fungsi
- Salah satualat booting computer.
- Media penyimpanan data yang utama di komputer
- Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer
- Media penyimpanansemua data dalamkapasitas yang besar pada komputer

- Heatsink Fan

Fungsi
1. Pendingin pada hardware yang di atasnyadiletakkan HSF.
2. Prosesortidakakanberfungsijikatidakadaheatsink fan di atasnya.
3. Penyerappanas yang dihasilkanolehprosesorsaatbekerjadandilengkapidengankipaspendingin di atasnya agar suhu pada prosesortetapstabil.
4. Penjagasirkulasiudara di dalam casing.

- Optical Drive
Fungsisejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.

Kabel Data 

Perangkat Display
DISPLAY ADAPTER
Sering disebut sebagai VGA-card, singkatan dari VGA sendiri adalah Video Graphics Adapter, awalnya standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir
yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis (VGA-card) komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk
proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.Kemampuan VGA-card berdasarkan teknologinya semakin tinggi dengan tingkat resolusi yang terus meningkat. Semakin tinggi tingkat resolusi yang dihasilkan VGA, maka semakin bagus gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor PC. Namun tampilan inipun berpengaruh terhadap jenis monitor yang digunakan.VGA-card pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan motherboard, hanya sajadikhususkan untuk sisi grafis. Pada VGA-card juga terdapat processor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan RAM.Performa VGA sangat bergantung pada kinerja Memory Interface yang biasanyaditandai dengan angka 64bit, 128bit, 256bit dan 512bit. Memory Interface ini yang sangat berpengaruh terhadap harga VGA-card.

MONITOR
Merupakan bagian dari PC untuk menampilkan tampilan. Tampilan dapat berupa
gambar, tulisan atau gambar bergerak seperti film dan video. Awalnya, panduan untuk menilai bagus tidaknya tampilan monitor berada pada tingkat resolusi yang dimiliki. Resolusi monitor diwakili dengan PIXEL. Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis
yang dihitung per inci.Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris yaitu Picture Element yangdisingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambarberwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.
Monitor PC terdiri dari ribuan pixel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom.Jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya. Misalkan resolusi yang disediakan oleh monitor adalah 1024 x 768, maka jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 pixel. Semakin tinggi jumlah pixel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.Dalam spesifikasinya, monitor PC memiliki resolusi bergantung pada teknologinya.Saat ini, monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display) memilikiresolusi tertinggi 1280 x 1024 (17” sampai 22”), sedangkan untuk jenis WideScreen memiliki resolusi tertinggi 1280 x 900 pixel (untuk jenis inch yg sama).

Perangkat Kendali Antarmuka
KEYBOARD & MOUSE
Papan ketik (keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf,angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan olehkomputer. Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atausimbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekansecara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatursebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer danumum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Papan ketik
tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untukmempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru jugasudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayudengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970,Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layarkomputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuhpermukaan keras dan rata. mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi,tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yangsudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah,maupun bluetooth.Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehinggaresolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai4.800 titik per inci. Biasanya mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar games.

0 100 komentar:

Posting Komentar